Waspada! ADA Penjualan Online Kosmetik Ilegal

Waspada! ADA Penjualan Online Kosmetik Ilegal

BANDUNG,- Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Jawa Barat
menangkap seorang tersangka pengedar kosmetik ilegal yang dijual secara online.

Pelaku melakukan perbuatan tersebut dengan memproduksi di wilayah Rancasari, Kota Bandung. Pada pengungkapan ini, petugas mengamankan seorang tersangka, yakni Erna Christina.

Direktur Reskoba Polda Jabar Komisaris Besar Enggar Pareanom mengatakan, produk kosmetik yang dijual tersangka tidak memenuhi standar keamanan maupun kesehatan, bahkan tak memiliki izin edar.

“Barang-barang ini dijual oleh tersangka melalui online shop,” katanya kepada wartawan di Markas Polda Jabar, Jumat (21/2/2020).

Enggar menjelaskan, tersangka telah menjalankan usahanya sejak Juli 2019. Per bulannya tersangka bisa memeroleh keuntungan hingga Rp 35 juta.

Adapun, bahan baku yang digunakan untuk memproduksi kosmetik, diantaranya sabun, krim siang dan malam, sampo, hingga kondisioner. Sementara, tersangka dibantu oleh enam orang karyawannya.

“Setelah mengolah dengan menggunakan cairan kimia, produk-produk itu ditempelin label yang telah dicetak sebelumnya,”jelasnya

Sementara itu, Erna mengaku, dirinya mendapat cara pengolahan produk kosmetik melalui Youtube. Dirinya mengklaim, tidak ada seorang pun yang komplain terhadap produk kosmetik yang dipasarkannya tersebut.

“Sampai sekarang tidak ada yang mengeluh atau komplain, karena saya juga pakai,” ujarnya

Selain menangkap tersangka, polisi mengamankan ribuan produk kosmetik ilegal berbagai merek, beserta bahan dasar racikan dari industri rumahan yang berlokasi di kawasan Rancasari tersebut.

Atas perbuatannya itu, tersangka dijerat dengan Pasal 196 dan 197 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Dirinya terancam hukuman pidana hingga 15 tahun penjara. (AK2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *