Menpar Arief Yahya Menilai SBM adalah Sekolah Manajemen Terbaik Untuk Entrepreneur

Menpar Arief Yahya Menilai SBM adalah Sekolah Manajemen Terbaik Untuk Entrepreneur

BANDUNG – Dekan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, Dr. Sudarso Kaderi Wiryono mengatakan, wisuda SBM ITB kali ini merupakan wisuda terbanyak karena di ikuti oleh ratusan wisudawan dari berbagai strata.

“Hari ini Kami mewisuda 720 wisudawan dari mulai S1, S2 dan S3 dan ini menjadi wisuda terbanyak” ungkap Sudarso kepada wartawan di sela – sela acara wisuda SBM ITB di Intercontinental Hotel Bandung. Kamis malam (17/10/2019)

Selain dengan jumlah terbanyak, imbuhnya, ada hal yang menarik yaitu dari 250 mahasiswa prodi Sarjana Manajemen, 116 diantaranya nya berhasil mencapai cum laude, begitupun dari prodi MBA Bandung dimana dari 265 yang diwisuda, 60 diantaranya mendapat cum laude.

“Sedangkan dari 3 mahasiswa program DSM ketiga-tiganya mendapat predikat Cum laude” terangnya.

Lebih jauh Sudarso mengatakan, sebagai sekolah bisnis dan manajemen, tentunya para lulusannya terutama dari prodi kewirausahaan sudah dirancang untuk menjadi seorang entrepreneur dan sebagian besar memang sudah memiliki usaha (bisnis sendiri).

“Mereka sudah mengikuti inkubator bisnis jadi setelah lulus akan mengembangkan bisnisnya” ujarnya.

Disinggung mengenai tantangan dari para lulusan SBM ITB ini di era industri 4.0, Sudarso mengatakan, bahwa para lulusan dari SBM ITB sudah dibekali dengan sejumlah sertifikasi seperti dibidang manajemen risiko, analis keuangan dan sejumlah sertifikasi lainnya. “Untuk sertifikasi ini kami menggandeng asosiasi sertifikasi” tegasnya.

Sudarso menambahkan, untuk serapan dari para lulusan SBM ITB, 70 persen setelah lulus dalam rentang waktu 1 sampai 3 bulan, mereka langsung di serap oleh sejumlah industri disamping tentunya ada juga yang membuka bisnisnya sendiri.

Untuk sisanya terutama yang dari Strata 1, ada yang kembali melanjutkan sekolah untuk meraih master. “Bahkan sekitar 5 persen mahasiswa SBM ITB sebelum lulus sudah di rekrut oleh perusahaan” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan untuk sekolah manajemen yang terbaik adalah SBM ITB. Apalagi ITB sendiri adalah salah satu perguruan terbaik yang ada di Indonesia.

“Untuk pendidikan kewirausahaan atau entrepreneursip, SBM sangat bagus” tegasnya.

Arief mengaku, atas dasar itulah putra-putrinya di sekolahkan di ITB mengikuti jejaknya yang juga lulusan teknik elektro ITB. “Anak – anak saya yang nomor satu, dua dan tiga sekolah di sini, dan yang nomor tiga setelah lulus dari SBM mau jadi entrepreneur. semoga nanti yang nomor empat juga sekolah disini juga” pungkasnya. AK1

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *