ADA Ribuan Mahasiswa Demo Berakhir Ricuh

ADA Ribuan Mahasiswa Demo Berakhir Ricuh

BANDUNG – Ribuan mahasiswa dari berbagai elemen bergabung dan melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Senin (23/9).

 

Aksi demo diawali dengan berkumpulnya mahasiswa di Monumen Juang. Sekitar pukul 14.00 mahasiswa berduyun-duyun mulai memenuhi jalan Diponegoro tepat didepan pagar Gedung Sate. Polisi pun mulai menutup akses Jalan Diponegoro.

 

Orasi dan aksi dorong mahasiswa mewarnai demo yang menolak revisi UU KPK, UU KUHP dan UU PAS itu. Hingga pukul 18.00, mahasiswa masih berkumpul sehingga aparat kepolisian mulai meminta agar aksi disudahi. Namun kemudian terjadi aksi lempar batu yang kemudian disusul dengan tembakan gas air mata dari kubu polisi yang menjaga gedung dewan.

 

Pukul 18.30 polisi kemudian terus menembaki dengan belasan letusanlgas air mata dan dibantu dengan sebuah kendaraan taktis water Cannon sehingga mahasiswa terdesak dan mulai membubarkan diri menuju Jalan Diponegoro, Jalan Hayam Wuruk dan sekitarnya.

 

Akibat bentrokan, banyak mahasiswa yang terkena lemparan batu dan gas air mata. Belasan mahasiswa diamankan masuk kedalam lahan parkir motor di sisi Timur Gedung Sate. Satpam dan PNS yang masih bertahan ikut membantu menyiramkan air kewajah mahasiswa untuk menghilangkan efek pedih.

 

Aksi akhirnya mereda sekitar pukul 19.20 , dan polisi membubarkan diri sekitar pukul 19.45.  Jalan Diponegoro pun kemudian bisa dilalui kendaraan sekitar pukul 20.00 . AK1

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *