KATA UKRI Prabowo Menang Pilpres 2019

KATA UKRI Prabowo Menang Pilpres 2019

BANDUNG,- Lapitek Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) menyatakan pasangan Prabowo-Sandi memenangkan kontestasi presiden dan wakil presiden RI periode 2019 2024 dengan angka 66,4%.

Rektor Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) Boyke Setiawan mengatakan berdasarkan standar ilmu statistik, Lapitek UKRI telah melakukan survei terpercaya yang meliputi Survei Nasional Elektabilitas Capres dan Cawapres 2019-2024 dengan melibatkan responden 10.252 tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

“Hasilnya pasangan Jokowi -Ma’aruf sebanyak 36,8 persen dan pasangan Prabowo-Sandi 63, persen, dengan Margin of Error 2,19 Tingkat kepercayaan 95,5 persen,”katanya kepada wartawan di Bandung, Rabu (17/4/2019)

Menurutnya, hasil perolehan suara exit pool nasional pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin 36,8 % dan pasangan prabowo-sandi 63,2% dengan marjin of error 2,19 tingkat kepercayaan 95,5%.

“Kami membuat sekademis mungkin, semaksimal mungkin bahwa inilah hasil kajian dari Lapitek UKRI. Kami tidak ingin menilai hasil survei yang lain,” ujarnya

Adapun alasan memilih exit pool karena lebih cepat. Meski tidak mengetahui secara hukumnya, namun secara akademis statistiknya sama.

Boyke menyebutkan survei telah dilakukan sejak 3 bulan lalu hingga sekarang. Lalu kenapa publik harus yakin atas Exit Pool UKRI ? Ia menyebutkan karena survei ini dilakukan oleh akademisi.

“Kami yakin dengan hasil ini, sebab dilakukan oleh akademisi. Kalau kami ngarang pasti akan ketahuan, dari sisi kaidah statistiknya,” pungkasnya (AK3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *