ADA Coworking Space dan Kabin Masinis Berpendingin PT KAI

ADA Coworking Space dan Kabin Masinis Berpendingin PT KAI

BANDUNG, – Melengkapi sarana dan prasarana yang ada di setiap stasiun kereta, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan fasilitas Coworking Space. Fasilitas ini ditujukan bagi para penumpang yang ingin bekerja dengan ruang yang nyaman, dan tentunya ketika mereka berada di stasiun baik sebelum ataupun sesudah naik kereta api. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi sukmoro mengatakan, bahwasanya fasilitas ini disediakan di 9 stasiun, diantaranya di Stasiun Gambir, Stasiun Juanda, Stasiun Bandung, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Surabaya serta Stasiun Jember.

 

Untuk menggunakan fasilitas Coworking Space, penumpang kereta api cukup menunjukkan boarding pass dengan tanggal keberangkatan atau kedatangan pada hari yang sama, dan durasi penggunaan maksimal selama 2 jam.

 

Fasilitas yang diresmikan langsung oleh menteri BUMN Rini Soemarno di Stasiun Bandung pada Sabtu (6/4/2019) ini menjadi bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa transportasi kereta api.

 

Pada kesempatanan yang sama, Menteri BUMN juga meresmikan pengoperasian lokomotif CC 203 95 04 yang telah dilengkapi pendingin ruangan (AC).

 

Melalui Balai Yasa Yogyakarta, PT Kereta Api Indonesia melakukan modifikasi kabin lokomotif sehingga kini memiliki pendingin ruangan. Pendingin ruangan (AC) pada lokomotif ini merupakan produk dalam negeri dengan tingkat komponen dalam negeri mencapai 57,6%. Ini cukup penting karena dalam rangka menciptakan kompetensi industri pendukung fasilitas.

 

Lebih jauh, perkeretaapian Indonesia diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan bagi para masinis sehingga lebih berkonsentrasi dalam bertugas. Sejauh ini dari 251 lokomotif yang dimiliki oleh Kereta Api Indonesia dengan seri C, sudah terpasang di 17 lokomotif tersebut. Tahun 2019 ini, PT. KAI menargetkan kabin berpendingin (AC) akan terpasang di 28 lokomotif seri C. (AK2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *