KATA Kang Emil: Jabar Bakal Miliki Badan Ekonomi Kreatif

KATA Kang Emil: Jabar Bakal Miliki Badan Ekonomi Kreatif

BANDUNG- Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sudah memiliki Undang Undang Perda ekonomi kreatif sehingga ke depanmyandiharapkan akan memiliki Badan Ekonomi Kreatif.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan adanya Perda tersebut maka pihaknya mendorong agar kaum milenial memiliki daya kompetisi yang baik. Langkah pertama, agar milenial memiliki daya saing yaitu dengan pembangunan pusat-pusat creative center yang ada di Tasikmalaya, Purwakarta, Bekasi, Bogor, Cirebon dan lain-lain.

“Lagi mendorong badan ekonomi kreatif kayak Bekraf tapi versi Provinsi,
Insya Allah dalam 5 tahun semua wilayah akan kebagian pusat ekonomi kreatif,”katanya kepada wartawan di Sabuga ITB, Sabtu (9/2/2019)

Emil menyebutkan, langkah kedua yaitu Pemprov Jawa Barat akan merubah sistem pendidikan SMK berrbasis digital ekonomi. Pasalnya, lulusan SMK dinilai sebagai penyumbang pengangguran terbesar di Jawa Barat.

“Kita akan menggeser kurikulum milenial lebih ke digital ekonomi karena SMK penghasil pengangguran terbesar,”ujarnya

Ketiga, lanjut Emil, pihaknya sudah melakukan penerapan desa digital di berbagai wilayah Jabar agar masyarakat di desa lebih melek teknologi terutama generasi milenialnya bisa menerapkan digitalisasi dalam mengembangkan ekonomi kreatifnya.

“Strategi-strategi inilah diharapkan akan memanen sebuah indeks ekonomi kreatif yang lebih besar lagi,”katanya

Meski demikian, kata Emil, semua strategi percepatan pembentukan ekonomi kreatif akan terasa percuma jika bangsa ini menghabiskan waktunya untuk membahas sesuatu yang tidak penting.

“Apapun itu tidak akan terjadi kalau bangsa ini habis waktunya membahas hal yang tidak perlu seperti perpecahan, berita bohong dan lain-lain,”pungkasnya (AK3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *