Juli, RSKIA Bakal Beroperasi

Juli, RSKIA Bakal Beroperasi
BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap pembangun Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung  Jalan Kopo rampung Februari mendatang. Targetnya, RSKIA sudah bisa beroperasi pada Juli mendatang.

“Saya ingin tahap dua ini selesai 14 Februari. Untuk tahap berikutnya mungkin kita lelang kembali,” kata Oded usai meninjau pembangunan RSKIA Jalan Kopo, Rabu (9/1/2019).
Oded berharap, setelah nanti rampungnya RSKIA itu menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
“Tentu sebagai pemerintah mempunyai tugas pelayanan publik yang maksimal. Bisa membantu kepada masyarakat lebih baik,” harapnya.
Sementara itu, Direktur RSKIA Kota Bandung, Taat Tagore mengungkapkan, sampai saat ini pembangunan RSKIA tahap 2 sudah mencapai 98 persen.  Pembangunan tahap 2 di antaranya meliputi arsitektur, konstruksi, dan instalasi kelistrikan dan mekanikal. Jaringan instalasi gas medis wajib sesuai standar rumah sakit. Termasuk pemasangan pendingin udara khusus antibakteri.
“Sampai hari ini sudah 98 persen tahap dua. Masih ada pembiayaan di tahap tiga, seperti lantai, finishing depan, membran dan taman,” ujarnya.
Segi fasilitas, menurut Taat yang paling spesial dan menggocek anggaran cukup banyak yakni membangun ruangan operasi atau OK (Operatie Kamer).
“Ruang yang canggih itu OK. Salah satu andalan karena tata udaranya kita pilih yang steril dan berkelas. Itu cukup mahal karena menguras 20 persen dari total anggaran,” katanya.
RSKIA akan memiliki sekitar 500 kamar. Sebanyak 25 kamar Poli, disiapkan tempat tidur sebanyak 68 untuk kelas (1), 136 untuk kelas (2), 144 bagi kelas (3), serta President Suite, Junior Suite, VVIP, VIP sebanyak 30 tempat tidur. Namun menurut Taat, pada tahap awal jumlah yang dapat diisi sekitar 150-200 kamar.
Sedangkan di segi sumber daya manusia (SDM), Taat mengaku secara bertahap akan membuka rekrutmen untuk berlangsungnya pelayanan.

Perlu diketahui, RSKIA Kopo akan melengkapi kebutuhan layanan kesehatan warga Kota Bandung yang lebih unggul. RSKIA memiliki luas bangunan keseluruhan sekitar 47.000 meter persegi dengan 13 lantai dan 2 basement. AK1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *