ADA Pramuka Kwarda Jabar Akan Bantu Kembangkan Desa Digital

ADA Pramuka Kwarda Jabar Akan Bantu Kembangkan Desa Digital

BANDUNG- Gerakan Pramuka Kwarda Provinsi Jawa Barat akan membantu mewujudkan desa digital yang digulirkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) mengatakan selain mensukseskan program desa digital Pramuka Kwarda Jabar juga akan dilibatkan dalam membantu penanggulan bencana alam dan revitalisasi sungai Citarum.

“Kami akan menitipkan program kepada keluarga besar Pramuka Jawa Barat membantu kami di tiga yakni kebencanaan penanggulan bencana alam dan revitalisasi sungai Citarum dan desa digital,”katanya kepada wartawan di Bandung, Sabtu (5/1/2019)

Menurut Emil, program desa digital ini akan menjadi percontohan nasional karena selain konsep desa digital juga akan mengembangkan wirausaha masyarakat setempat.

“Kalau behasil di tiga aspek tadi maka Jawa Barat akan menjadi contoh nasional. Betapa program pemerintah ternyata suksesnya oleh Pramuka yang makin relevan. Jadi masyarakat menilai bahwa organisasi ini sangat dibutuhkan,”ungkap Emil

Sebagai Pembina Pramuka Kwarda Jabar, Emil mengungkap pihaknya akan
mendukung semua program Pramuka sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungkan.

“Insya Allah kami akan fasilitas semua program Pramuka Kwarda Jabar,”tegasnya

Adapun Wakil Ketua Bidang Hubungan Dalam Negeri Pramuka, Dede Yusuf mengatakan pihaknya akan menjalankan instruksi Gubernur Jabar karena pada dasarnya dalam menjalin kemitraan dengan pemerintah. Ia menilai tidak semua pemerintahan daerah mendukung sepenuhnya program Pramuka. Berbeda dengan Pemprov Jabar.

“Nah, dengan konteks seperti ini pak Gubernur memberikan atensi maka kita akan sebarkan ke daerah artinya para bupati Walikota sebagai majelis pemimpin daerah masing-masing itu juga bisa ikut berkontribusi untuk membantu Pramuka agar ikut bergerak menyelesaikan permasalah yang kita hadapi,”jelas Dede

Mantan Wakil Gubernur Jabar ini juga menjelaskan mulai Januari 2019, pihaknya mulai melakukan pergerakan membantu mensukseskan program Pemprov Jabar.

Sedangkan untuk Tim Tanggap Darurat, Dede mengaku Pramuka Kwarda Jabar sudah memiliki Jabar Scout Rescue yang pernah diterjunkan di berbagai wilayah bencana di tanah air. Namun, masih membutuhkan penambahan personel.

“Dalam tanggap bencana kita sudah punya Jabar Scout Rescue tapi baru 120 orang sehingga dibutuhkan lebih banyak lagi, paling tidak 300 orang,”pungkasnya (AK3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *