ADA Polwan Polda Jabar Berikan Trauma Healing Bagi Korban Longsor Sukabumi

ADA Polwan Polda Jabar Berikan Trauma Healing Bagi Korban Longsor Sukabumi

SUKABUMI- Team Trauma Healing Polda Jawa Barat dibawah pimpinan Kasubbag Psipers Bag Psi Ro SDM Polda Jabar Kompol Festie Rusmayanti, Psi., mulai melakukan kegiatan trauma helaing, dengan melakukan kegiatan pendampingan kepada anak-anak yg menjadi korban longsor di Kp. Cimapag Ds. Sirnaresmi Kec. Cisolok Kab. Sukabumi.

Festie mengatakan bantuan yang diberikan berupa edukasi kemampuan motorik anak dengan kegiatan mewarnai yg diikuti oleh anak-anak berusia 13 tahun kebawah, membangun kreatifitas terhadap anak-anak yang menjadi korban dengan melukis pada balon dan mewarnai dan membangun kekompakan terhadap anak, yang diimplementasikan dengan games ular tangga.

“Kami juga memberikan makanan ringan kepada anak-anak sebagai apresiasi dan kasih sayang kepada anak-anak,”ujar Festie kepada wartawan, di Kp. Cimapag Ds. Sirnaresmi Kec. Cisolok Kab. Sukabumi,Minggu (6/1/2019)

Festie menyebutkan tujuan kegiatan yang dilakukan adalah memberikan dukungan psikososial bagi penyintas korban bencana longsor, dan pada hari ini difokuskan dengan kegiatan agar anak-anak mampu mengalihkan perhatian dari kejadian yang mereka alami saat terjadinya bencana, sehingga mereka bisa lebih ceria lagi.

“Ada beberapa anak yang kehilangan kedua orang tuanya, sehingga membutuhkan pendekatan yang lebih personal lagi,”kata Festie.

Adapun, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan sebanyak 10 anak yang kehilangan orang tuanya, digunakan pendekatan yang lebih mendalam lagi dan personal dengan cara memberikan terapi motifasi dan semangat.

Sedangkan, kepada anak-anak lainnya, diberikan permainan yang melatih motorik, kerjasama dan kebersamaam yang membuat anak2 gembira.

“Anak-anak korban bencana ini tidak merasa sendiri dan sekarang sudah berada ditempat yang aman dan nyaman bersama orang-orang yang menyayangi mereka,”ungkap Trunoyudo

Tim Trauma Healing juga melanjutkan kegiatan dengan sasaran adalah orang tua atau orang dewasa. Kegiatan relaxasi langsung dipandu oleh Ketua Team Trauma Healing Polwan Polda Jabar Kompol Festie Rusmayanti, Psi., dan dibantu Aipda Gugun dan Bripka Wiji dari Sat Brimobda Jabar serta Bripka Norman dari Polres Sukabumi.

“Sebanyak 15 orang tua yang kehilangan suami, anak atau istri, melaksanakan terapi relaxasi serta stabilisasi dan dilanjutkan dengan bimbingan rohani,”pungkasnya (AK3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *