ADA Helikopter Baru untuk TNI dari PT Dirgantara

ADA Helikopter Baru untuk TNI dari PT Dirgantara

BANDUNG –  Sebanyak delapan pesawat Helikopter H225M dan sembilan 9 unit Helikopter Serbu BELL-412EPI akan diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia. Kontrak kerjasama pembelian dilakukan oleh PT DI dengan Kementerian Pertahanan RI , Rabu (9/1/2018).

 

Helikopter H225M merupakan nama komersial yang sama dengan Helikopter EC725 Cougar yang merupakan keluarga dari Super Puma, produk kerja sama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters, Perancis. Sedangkan Helikopter Bell-412EPI merupakan bagian dari Helikopter Bell-412 Series, produk kerja sama industri antara PTDI dengan Bell Helicopter Textron Inc, Canada.

 

Helikopter H225 akan digunakan oleh TNI Angkatan Udara dimana pesawat ini akan dijadikan alat angkut berat. Rencananya TNI AU akan membangun skuadron khusus yang nantinya menggunakan pesawat sejenis dari PT DI. Sementara Helikopter Serbu BELL-412EPI akan digunakan untuk TNI AD. Helikopter ini akan dilengkapi dengan persenjataan dan amunisi,suku cadang dan lainnya.

 

Kepala Kabaranahan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda TNI Agus Setiadji mengatakan pengadaan pesawat terbaru ini akan memperkuat alutsista TNI, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan dasar pesawat hilikopter. Menurutnya kebutuhan sebenarnya adalah 40 unit helikopter.

 

“Untuk tahap ini, pembelian delapan pesawat Cougar sekitar USD 330 juta, sementara untuk yang helikopter Bell sekitar USD 183 juta,” katanya usai penandatanganan kontrak.

 

Dirut PT DI Elfien Goentoro mengatakan siap memenuhi pesanan TNI dan akan menyelesaikan pembanguannya sesuai kontrak.

 

“helikopter serbu akan dibuat dalam waktu 24 bulan setelah kontrak efektif berlaku, sementara untuk helikopter alat angkut TNI AU akan dibuat selama 36 bulan. Kami akan selesaikan secepatnya,” kata dia. AK1

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *