Ekspor Ikan Hias Indonesia ADA Kenaikan Hingga USD 3 Juta

Ekspor Ikan Hias Indonesia ADA Kenaikan Hingga USD 3 Juta

BANDUNG,- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengatakan, saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-3 di dunia untuk ekspor ikan hias air laut dan peringkat ke-5 dunia untuk ekspor ikan hias air tawar. Maka, dipastikan Indonesia mampu menjadi Eksportir  Ikan Hias Terbesar di Dunia.

Nilai ekspor ikan hias dunia pada tahun 2017 mencapai nilai USD 341 juta atau meningkat sebesar 10,57% dari tahun sebelumnya. Hal ini merupakan peluang pasar yang sangat besar bagi Indonesia karena Indonesia adalah “gudang” ikan hias dunia. Apalagi, kata Menko Luhut, Indonesia memiliki keragaman jenis ikan hias yang sangat tinggi.

Perairan tawar Indonesia dihuni oleh 1.248 jenis ikan, 243 jenis di antaranya merupakan spesies endemik dan 122 jenis udang hias, sedangkan di perairan laut Indonesia terdapat sekitar 3.476  jenis ikan.

“Nilai ekspor ikan hias Indonesia pada tahun 2017 sebesar USD 27,6 juta, naik USD 3 juta dari tahun 2016 sebesar USD 24,6 juta. Tentu dengan potensi ikan hias yang luar biasa, Indonesia seharusnya bisa menjadi peringkat No.1 di dunia,” ungkap Menko Luhut dalam keterangan resminya di Bandung, Selasa (3/12/2018)

Terkait ekspor ikan hias, Menko Luhut mendukung ekspor tapi juga mengingatkan kepada para pengusaha untuk selalu memperhatikan kelestarian sumber daya alam (SDA).

“Kita kontrol itu. Jadi seperti coral yang dibudidayakan, itu kan jadi mata pencaharian buat UMKM ya kita izinkan tapi enggak boleh ambil dari alam,”ujarnya

Luhut menjelaskan di Nusa Dua-Bali, pada Oktober 2018, telah lakukan program replanting atau penanaman ulang coral di sana pakai seperti sarang laba-laba.  “Dan kemarin saya dapat laporan, sudah tumbuh. Jadi kalau kita bikin ramai-ramai (bersama-sama) pasti bisa dan Indonesia adalah negara kepulauan terbesar dunia, yang artinya peluang bikin itu besar,”pungkasnya (AK3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *