ADA Pengembangan Budidaya Ikan Hias di Luar Pulau Jawa

ADA Pengembangan Budidaya Ikan Hias di Luar Pulau Jawa

BANDUNG, Ketertarikan masyarakat untuk memelihara ikan hias saat ini secara umum semakin meningkat. Hal ini ditandai dengan ekspor ikan hias yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Menko Luhut B Panjaitan mengatakan, saat ini terdapat sekitar 21 provinsi di Indonesia yang menjadi sentra produksi ikan hias. Sayangnya, hanya sekitar 96 % produksi ikan hias di Indonesia masih berada di Jawa, terutama di Jawa Timur. “Tantangan ke depan adalah mengembangkan budidaya ikan hias di luar Pulau Jawa,” kata Luhut dalam keterangan resminya di Bandung, Selasa (4/12/2018)

Untuk itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman bersama-sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perdagangan, LIPI dan K/L terkait lainnya akan mendorong dan  melakukan akselerasi agar pembangunan industri ikan hias nasional sehingga target yang dicanangkan dalam Rencana Aksi Nasional  (RAN) Pembangunan Industri Ikan Hias 2017-2021.

“Kita targetkan Indonesia menjadi produsen dan eksportir ikan hias terbesar di dunia pada tahun 2021 dapat tercapai,”ujarnya

Adapun, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rifky Effendi Hardijanto mengatakan, pemerintah terus mendorong usaha ikan hias di Indonesia. Dia mengharapkan para pembudidaya ikan hias semakin berkembang dengan fasilitas yang lebih baik.

“Dalam 5 tahun terakhir nilai ekspor ikan hias melonjak tajam. Ini menjadi potensi pasar.  Market share kita 10 persen. Seandainya ini kita dorong terus, kita bisa menjadi pemain utama dunia,”pungkasnya (AK1)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *