Michelin Selenggarakan MSA di Bandung

Michelin Selenggarakan MSA di Bandung
BANDUNG – PT Michelin Indonesia (Michelin), mengajak ratusan siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) di sejumlah daerah di Jawa Barat untuk berpartisipasi dalam program Michelin Safety Academy (MSA) 2018. Edukasi keselamatan berkendara untuk pengendara usia muda yang digelar di Kota Bandung ini dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak 3-20 Oktober 2018.

Memasuki penyelenggaraan MSA yang kelima, Michelin memperluas cakupan wilayah di luar Jakarta dan meningkatkan jumlah partisipan. Tahun ini, MSA menjangkau hampir 500 siswa dan tenaga pengajar dari 20 sekolah di Jawa Barat, yang mencakup Bandung, Cimahi, dan Sumedang.
Michelin secara konsisten memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran keselamatan kepada para pengendara muda dan pemula. Hal ini mengingat maraknya tingkat kecelakaan di Indonesia yang melibatkan generasi muda dengan rentang usia 15-24 tahun. Melalui kegiatan edukasi yang dikemas secara menyenangkan dan menarik, MSA bertujuan mensosialisasikan pentingnya kesadaran akan keselamatan berkendara serta menjadikannya sebagai bagian gaya hidup untuk mengurangi tingginya angka kecelakaan terutama yang melibatkan pengendara usia muda.
Berdasarkan data statistik yang dirilis oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), selama April-Juni 2018, terdapat 26.630 kasus kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang menyebabkan 6.455 korban meninggal dunia. Dari jumlah tersebut, 5,648 kasus kecelakaan melibatkan pengendara berusia muda dengan rentang usia 15-19 tahun dan 4.669 kasus kecelakaan untuk usia 20-24 tahun. Sementara di Jawa Barat sendiri terdapat lebih dari 1.700 kasus kecelakaan yang mengakibatkan 863 korban meninggal dunia.
Wilayah Jawa Barat dipilih seiring menjamurnya komunitas anak muda di wilayah ini, terutama Bandung dan sekitarnya. Kota Bandung yang dikenal sebagai kota pendidikan dan kota kreatif memiliki sejumlah sekolah dan perguruan tinggi terbaik dan favorit yang menjadi penggerak bagi para pelajar dari berbagai daerah untuk menuntut ilmu. Selain itu, Jawa Barat juga merupakan provinsi kedua terbesar dengan lokasi yang paling dekat dengan Jakarta.
President Director Michelin Indonesia Fritz Mueller mengatakan, MSA merupakan wujud nyata kampanye Michelin, Perfection in Safety, dalam rangka mengahadirkan mobilitas yang lebih aman dan lebih baik  berdasarkan tiga pilar yaitu keselamatan berkendara: pemberian edukasi yang berkelanjutan, inovasi produk, serta pelayanan serta dukungan purna jual yang prima.
“Michelin sebagai produsen ban terkemuka terus berkomitmen meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya berkendara dengan aman dan bertanggung jawab untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, termasuk di Jawa Barat. Melalui MSA, kami ingin menyasar para pengendara muda yakni para siswa SMA dan SMK agar mendapatkan kesempatan memiliki kecakapan berkendara yang baik, kata Fritz saat kick off program MSA di SMK 3 Bandung, Rabu (3/10).
Fritz menambahkan, sebagai pengendara yang bertanggungjawab, para pengendara wajib memahami faktor keamanan, termasuk mengenal kondisi dan komponen kendaraan maupun perilaku berkendara. Sebagai komponen terpenting pada kendaraaan yang bersinggungan langsung dengan jalan, pemilihan ban secara tepat serta memahami kondisi ban juga menjadi faktor kunci keselamatan berkendara.
Program yang akan berlangsung selama lebih dari dua pekan mendatang ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan yaitu sosialiasi & edukasi, simulasi mengenai berkendara yang baik dan aman serta kesempatan untuk mendapatkan SIM A atau C bagi para siswa di penghujung program MSA.  Selain itu disediakan kegiatan pelatihan defensive driving bagi para anggota komunitas pengemudi difabel dan komunitas ojek online (GRAB).
Public Affairs and Corporate Communications Director Michelin Indonesia Nora Guitet menjelaskan, Michelin memiliki kepedulian dan perhatian yang besar terhadap keselamatan berkendara para pengendara muda dan pemula. Untuk itu, Michelin memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk membekali diri dengan persiapan yang matang sebelum ujian SIM dan menghadapi kondisi jalan raya yang sesungguhnya.
“Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ini, kami telah melakukan roadshow ke sejumlah sekolah di wilayah Bandung dan sekitarnya untuk mensosialisasikan program MSA tersebut. Nantinya, para pengendara muda lulusan Michelin Safety Academy diharapkan dapat menjadi pelopor keselamatan berkendara bagi lingkungan sekitar mereka untuk menjadi pengendara yang bertanggung jawab, jelas Nora.
Untuk mensukseskan program MSA 2018, Michelin menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar), Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI).
Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Transportasi Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Ali Nurudin mengatakan, pihaknya menyambut baik komitmen dan konsistensi Michelin untuk mengkampanyekan keselamatan berkendara di Indonesia, khususnya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara usia muda.
Ali menuturkan besarnya antusiasme anak muda terhadap kampanye keselamatan berkendara di Indonesia, khususnya di Jawa Barat sangat menggembirakan.  Hal ini sangat penting, mengingat para pengendara muda sangat rentan terlibat dalam pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.
“Seringkali kurangnya kesadaran berkendara dengan aman dan baik, meningkatkan risiko di jalan raya. Untuk itu kami berharap edukasi semacam ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khusustnya generasi muda dalam menjadi pengendara yang bertanggungjawab melalui pemahaman peraturan lalu lintas yang lebih baik, jelas Ali Nurudin. AK1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *