ADA Kurikulum Terkait Kopi Diajarkan di SMK

ADA Kurikulum Terkait Kopi Diajarkan di SMK
SUMEDANG – Menteri Koordinator (Menko) Ekonomi RI Darmin Nasution hador di SMK Pertanian Pembangunan Negeri SMK PPN Tanjung Sari Kabupaten Sumedang,  Senin siang (24/9/2018). Bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Kang Emil,  Menko Ekonomi Darmin Nasution hadir untuk meresmikan Kurikulum Kopi yang menjadi Pilot Project Nasional.
“Kita ingin kopi ini tidak hanya semata menjadi komoditas rakyat semata,  tetapi harus ada ilmunya,  ada dasar teorinya supaya abadi. Oleh karena itu kita mulai di sini untuk menerapkan kurikulum pembelajaran tentang seluk beluk tanaman kopi. Kita mulai sejak dini” ujar Darmin.
Gayung bersambut, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiaai langkah itu di saat Jawa Barat sedamg kembali menggalakan perkopian di tatar Pasundan.
“Tentu kita sambut baik ini ya,  karena kita juga tengah gencar-gencarnya menghidupkan kembali kopi Java Preangar yang menjadi ciri khas kopi asal Jawa Barat sejak jaman kolonial dulu” kata Emil.
Menurut Emil hal ini juga sejalan dengan program pemerintahannya di mana Desa dan Kota di Jawa Barat maju bersama secara ekonomi dengan kekuatan masing-masing.
“Apalagi nanti kalau dibantu dengan sistem digital yang kita sebut sebagai era ekonomi digital,  segalanya akan dipermudah dan dipercepat tetapi tanpa menghilangkan kearifan lokal” tegas Emil.
Kedatangan Darmin Naaution dan Kang Emil di SMK PPN Tanjungsari disambut antusias warga sekolah mulai dari sisawa,  guru hingga tenaga kependidikan. Sebelum meninggalkan tempat,  mereka berebut sefie dengan Gubernur baru Jawa Barat itu. AK3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *