ADA Seribu Masker untuk Pengungsi Sinabung dari RZ

ADA Seribu Masker untuk Pengungsi Sinabung dari RZ
BANDUNG – Rumah Zakat membagikan 1.000 masker untuk warga yang terdampak letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Gunung Sinabung kembali meletus pada Senin, (19/2) yang disertai dengan luncuran awan panas sejauh 4.900 meter ke arah Selatan – Tenggara dan 3.500 meter ke arah Tenggara Timur.
“Berdasarkan laporan BPBD Karo, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa dan tidak ada tambahan pengungsi pasca letusan. Namun, kebutuhan mendesak yang dibutuhkan warga saat ini adalah masker dan mobil tangki untuk menyemprot abu vulkanik di jalan dan permukiman warga,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.
Lokasi yang terdampak abu vulkanik diantaranya, Kecamatan Simpang Empat, Naman Teran, Payung, Tiga Nderket dan Munthe. Kondisi di lima kecamatan tersebut  menyebabkan pandangan gelap dengan jarak pandang sekitar 5 meter.
Selasa pagi (20/1), Relawan Rumah Zakat membagikan 300 masker di SDN 047178 KINEPPEN Kec. Munte, Denagan. Selain membagikan masker, relawan juga bergotong-royong ikut serta membersihkan debu vulkanik yang menutupi pelataran sekolah. Meskipun debu vulkanik masih menyelimuti wilayah kaki Gunung Sinabung Kab. Karo, namun aktifitas belajar mengajar di SD 047178 KINEPPEN masih tetap berlangsung.
“Agar aktivitas dan pernapasan siswa dan guru di sini tidak terganggu akibat aktivitas abu vulkanik, kami membagikan sekitar 300 masker. Sisanya kami akan bagikan di wilayah lain,” ujar Parlin Lubi, Koordinator Relawan Rumah Zakat Medan. AK1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *