ADA sebanyak 11.010 Warga Binaan Di Jabar Peroleh Remisi

ADA sebanyak 11.010 Warga Binaan Di Jabar Peroleh Remisi

Sebanyak 11.010 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di seluruh Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di Jawa Barat memperoleh remisi atau pengurangan masa menjalani pidana. Sebanyak 656 orang diantaranya dinyatakan bebas karena telah habis masa pidananya.

Penyerahan Surat Keputusan Remisi diserahkan langsung secara simbolis oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar kepada warga binaan pada upacara peringatan hari Kemerdekaan RI ke-71 yang dipusatkan di Lapas Kelas II A Perempuan, Kota Bandung Rabu (17/08).

Wagub Deddy Mizwar kepada Wartawan mengatakan, pemberian remisi merupakan hak bagi seluruh warga binaan yang telah memenuhi ketentuan. Remisi juga telah diatur secara tegas dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, dimana Pasal 14 ayat 1 menyebutkan bahwa setiap Narapidana mempunyai hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana.

Baca Juga  ADA Koruptor dan Teroris yang Dapat Remisi

“Ini merupakan hak bagi warga binaan jadi harus dijalankan sesuai dengan ketentuan siapa yang berhak mendapatkan remisi,” kata Wagub. Melalui remisi juga menurutnya akan mempercepat kembalinya narapidana yang telah dinilai melakukan perbuatan baik ke dalam kehidupan masyarakat dan memperbaiki kualitas hubungan dengan keluarganya, karena bagaimanapun narapidana merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keluarga dan masyarakat.

Dia pun berpesan kepada warga binaan yang belum memperoleh remisi untuk bersabar karena remisi akan tetap diberikan sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

“Saya harap kepada seluruh Narapidana yang mendapatkan remisi khususnya yang bebas hari ini agar menjadi orang yang taat hukum, berakhlak, berbudi luhur dan berguna bagi kehidupan. Kepada yang belum untuk bersabar, remisi itu hak, akan diberikan bila telah memenuhi ketentuan,” ungkapnya. AK1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *